Gaya Terbaru:

Tips Sukses Interview Kerja

8 Maret 2012

Tips Sukses dalam Interview Kerja - Mendapatkan pekerjaan pasti akan dilewati dengan beberapa proses recruitment. Interview adalah salah satu prosesnya. Banyak orang gagal dalam seleksi interview dikarenakan tidak memiliki dasar interview yang baik.

Untuk menjadi pemenang dalam seleksi interview, dibawah ini adalah beberapa tips sukses interview yang harus anda ketahui saat melamar pekerjaan. Nah, silahkan saja lihat beberapa point penting dalam interview dibawah ini:

1. PERKENALKAN DIRI ANDA
Perkenalkan Diri anda dengan Mantap dan JELAS. Teknik yang di pakai adalah 3P;
P(Pause), P(Part), P(Punch).

contohnya: Jika Nama Anda Budi Santoso

Nama Saya (Kemudian pause, berhenti sejenak)

Budi (Part, artinya dipisah sejenak jika nama kita ada nama belakangnya, tetapi jangan dikebut nyebutin nama pertama dengan nama belakangnya ya..!!! a second too

Santoso (Punch, artinya ada penekanan kata dibelakang dengan nanda yg agak sedikit naik) tapi bukan membentak.

2. EYE CONTACT
Lihatlah mata orang yang menginterview anda. Hal ini dimaksudkan bahwa anda cukup Pede (percaya diri) sekaligus juga menjadi penilaian buat yang menginterview anda, bahwa anda memang PD.

Yang perlu dihindari adalah; melotot, jelalatan dan fokus penglihatan. Maksudnya, fokus melihat ke mata si-penguji. Tapi, sesekali alihkan pandangan anda tidak jauh dari mata sang penguji. Kemudian kembali lagi melihat ke mata sang penguji.

3. JABAT TANGAN dengan MANTAP
Sesi jabat tangan juga penting dalam interview. Pastikan tangan anda tidak basah, dan jabatlah tangan sang penguji dengan erat. Waktu berjabat tangan juga harus terkontrol. Kalau dalam proses interview, biarkan sang penguji yang melepas jabat tangan terlebih dahulu. Karena kita adalah tamu disana.

4. DUDUK HARUS PROFESIONAL
Posisi duduk saat interview juga sangat penting. Walaupun disaat interview anda duduk dikursi yang punya sandaran, baiknya anda tetap duduk tegak tanpa bersandar.
Posisi tangan juga harus diperhatikan saat duduk. Kalau didepan anda ada meja, silahkan letakkan tangan anda diatas meja dengan rileks. Nah, jika didepan anda posisi meja jauh, letakkan tangan anda diatas kedua paha anda.

tips sukses interview
5. PIKIR SEBELUM BICARA
Saat si interviewer memberikan pertanyaan kepada anda, dengarlah baik-baik. Tunggu hingga sang interviewer selesai memberikan pertanyaan, kemudian jawab.

Beberapa elemen penting dalam hal ini adalah:
Listen, Rephrase, Check, Answer dan recheck.
Listen: Dengarkan pertanyaan hingga selesai.
Rephrase: Ulangi pertanyaannya secara singkat. Maksudnya adalah mengulang inti pertanyaan interviewer.
Check: cek artinya memastikan bahwa konfirmasi rephrase-nya benar, contoh kalimat cek : betul begitu pak/bu???
Answer: Pikirkan terlebih dahulu, kemudian jawab dengan singkat,padat,lugas dan jangan menambahkan bunga kalimat yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan.
Re-check: Artinya, memastikan jawaban yang kita berikan sudah menjawab pertanyaan sang interviewer apa belum. Anda bisa menanyakan dengan: Apa sudah menjawab pak/bu atau seperti itu cerita/kronologinya pak/bu. Anda harus menanyakan dengan sopan.

Nah, itulah tips sukses interview seperti yang kami kutip dari kaskus, yang bisa anda praktekkan saat menjalani proses interview dalam seleksi pekerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua hingga sukses mendapatkan pekerjaan yang sedang kita lamar.
Share Tulisan:

Tidak ada komentar:

 
© Copyright Gaya Hidup Terbaru 2012 | Template by Borneo Templates | Powered by Blogger.co.id.