Gaya Terbaru:

Inilah Mesjid Tertua di Dunia

28 Maret 2012

Foto dan Gambar Mesjid Tertua - Kalau sebelumnya sudah ada foto mesjid terindah maka kali ini anda bisa melihat informasi tentang mesjid tertua didunia. Mesjid-mesjid ini sudah dibangun di tahun 600-an.

Memang, berbicara tentang mesjid selalu saja membuat hati adem dan berbahagia. Melihat fakta-fakta mesjid ini seakan mendapat spirit besar yang timbul didalam diri. Apakah anda merasakannya?
Sejarah mesjid yang mengagumkan juga sangat bermanfaat. Dimana ada ketulusan dan pengorbanan yang luar biasa.

Sudah sewajarnya, Mesjid yang menjadi tempat ibadah agama Islam harus tetap terawat dengan baik dan terjaga dari segala kemungkinan-kemungkinan negatif yang terjadi. Sama halnya dengan mesjid tua yang akan dibahas dibawah ini. Semuanya merupakan mesjid tertua yang mana sudah dibangun lebih dari 1500 Tahun lalu. Akan tetapi, hingga saat ini keindahan bangunan mesjid tersebut selalu dijaga dan dilestarikan.

Nah, silahkan saja lihat
daftar mesjid tertua didunia dibawah ini:
1. Mesjid Quba
mesjid qubaDibangun: 622
Lokasi: Madinah
Negara: Arab saudi


Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa masjid Quba adalah mesjid yang dibangun atas dasar takwa




2. Masjid Al-Nabawi
mesjid al-nabawiDibangun: 622
Lokasi: Madinah
Negara: Arab saudi


Masjid Nabawi, adalah salah satu mesjid terpenting yang terdapat di Kota Madinah, Arab Saudi karena dibangun oleh Nabi Muhammad saw. dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem.

3. Masjid al-Qiblatain
mesjid al-qiblatainDibangun: 623
Lokasi: Madinah
Negara: Arab saudi

Masjid Qiblatain (artinya: masjid dua kiblat) adalah salah satu masjid terkenal di Madinah. Masjid ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Letaknya di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah di dekat Istana Raja ke jurusan Wadi Aqiq atau di atas sebuah bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah.

4. Mesjid Jawatha
mesjid jawathaDibangun: 629
Lokasi: Al kilabiyah
Negara: Arab saudi


Jawatha mosque (juga salah dieja al-jawana) terletak di desa al-kilabiyah, sekitar 12km timur laut hofuf, al-ahsa, arab saudi. Itu adalah awal masjid yang dibangun di arabia timur dan sebagian besar struktur asli di reruntuhan. Tempat ini masih digunakan untuk doa.




5. Masjid al-Haram
mesjid al-haramDibangun: 638
Lokasi: Mekkah
Negara: Arab saudi


Menurut keyakinan umat Islam, Ka'bah atau nama lainnyaBakkah pertama sekali dibina oleh Nabi Adam. Dan kemudian dilanjutkan pada masa Nabi Ibrahim bersama dengan anaknya, Nabi Ismail dan sekaligus membangun masjid di sekitar Ka'bah tersebut.

Selanjutnya perluasan Masjidil Haram dimulai pada tahun 638 sewaktu khalifah Umar bin Khattab, dengan membeli rumah-rumah di sekeliling Ka'bah dan diruntuhkan untuk tujuan perluasan, dan kemudian dilanjutkan lagi pada masa khalifah Usman bin Affan sekitar tahun 647 M.

Itulah 5 Mesjid tertua didunia yang saat ini tentunya sudah sangat tua umurnya. Akan tetapi mesjid-mesjid tersebut masih tetap terawat dengan baik.
Share Tulisan:

Tidak ada komentar:

 
© Copyright Gaya Hidup Terbaru 2012 | Template by Borneo Templates | Powered by Blogger.co.id.