Gaya Terbaru:

Tips Mengatasi Bau Badan

26 Maret 2012

Cara Menghilangkan Bau Badan - Bau badan yang berlebihan akibat keringat yang banyak akan menyebabkan rasa pede berkurang. Masalah bau badan umumnya dialami oleh setiap orang dalam kehidupannya saat mulai pubertas.

Umumnya bau badan ini bisa dihilangkan dengan memakai deodorant setiap hari. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang memiliki bau badan menyengat dan tidak bisa diatasi dengan menggunakan deodorant saja.

tips bau badan
A. Penyebab Bau Badan
Beberapa hal yang menjadi penyebab bau badan bisa dilihat dibawah ini:

1. Faktor Genetik
Faktor genetik atau keturunan mempengaruhi bau badan, tetapi bukan penyebab timbulnya bau badan.

2. Kelenjar Keringat
Kelenjar keringat sangat berpotensi membuat tubuh kita beraroma tidak sedap. Kelenjar ini sendiri terbagi atas 2 jenis yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apocrine.
Kelenjar accrine memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi, dan biasanya muncul di tangan, punggung, serta dahi. Cairan tersebut banyak mengandung air dan tidak berbau yang berfungsi menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu.

Sedangkan kelenjar apocrine terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut, seperti ketiak, kemaluan, dan di dalam hidung. Kelenjar apocrine bersifat aktif setelah masa pubertas dan mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak.

Sebenarnya, cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine hanya berbau lemak. Namun, karena di setiap helai rambut terdapat satu apocrine dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, maka timbullah bau badan yang tak sedap. Beberapa orang mempunyai kelenjar apocrine yang lebih besar, sehingga produksi keringatnya lebih besar dan pembusukan bakterinya juga lebih banyak.

3. Rambut Ketiak
Secara medis, rambut ketiak gunanya adalah untuk memperluas permukaan yang akan mengatur penguapan keringat. Di pangkal rambut, terdapat banyak pori-pori yang menjadi muara kelenjar keringat untuk mengalirkan keringat ke ketiak. Jika kita rajin menjaga kebersihan tubuh, maka bau badan tidak akan muncul. Sebab, jika keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine dihilangkan, bakteri pun tidak akan melakukan proses pembusukan.

4. Pengaruh Secara Emosional
Stres dan emosi mempengaruhi kelenjar apocrine sehingga bekerja lebih efektif dan produktif yang akan memicu timbulnya bau badan. Tubuh yang gemuk juga akan menyebabkan bau badan, sebab pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit. Meskipun kelenjar apocrine mengeluarkan keringat sedikit namun jika tidak kita bersihkan, maka keringat kemudian akan tercampur bakteri, bau badan pun akan muncul pada tubuh kita.

Untuk itu, kita perlu rajin membersihkan badan, mulai dari pakaian dan secara teratur mandi 2 kali sehari, serta menjaga makanan yang kita konsumsi. Hindari mengonsumsi makanan protein tinggi, seperti daging kambing, karena dapat melebarkan pembuluh darah, durian, bawang goreng, merokok, minuman keras, dan obat antibiotika

B. Penyebab Keringat Berlebihan (hyperhidrosis)
penyebab bau badan
  • Konsumsi makanan banyak bumbu, minuman panas dan mengandung kafein atau alkohol.
  • Menopause. Seringkali wanita menopause terbangun di malam hari bermandi keringat akibat menurunnya kadar hormon estrogen.
  • Menurunnya kadar gula darah (hipoglikemia). Umumnya terjadi pada penderita diabetes dengan terapi insulin.
  • Hipertiroid. Akibat kelenjar tiroid banyak menghasilkan hormon tiroksin bisa meningkatkan kepekaan rasa panas, sehingga tubuh berkeringat.
  • Tuberkulosis (TBC}. Gejalanya antara lain batuk, demam ringan, dan berkeringat di waktu malam.
C. Cara Menghindari Bau Badan
Apabila penyebab bau badan karena kelebihan keringat/hyperhidrosis, salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan cara Botox. Botox adalah metode injeksi yang bertujuan salah satunya mengurangi keadaan hyperhidrosis pada ketiak, telapak tangan atau telapak kaki. Botox dapat bertahan 4-6 bulan, pengulangan dapat dilakukan dengan cara yang sama, namun sifatnya tidak mutlak.

bau badan
Itulah cara menghindari bau badan yang dirangkum dari tabloidnova. Jika anda memiliki masalah yang berkaitan dengan bau badan, silahkan mencoba tips diatas. Semoga masalah bau badan yang berlebihan pada tubuh anda bisa teratasi dengan baik.
Share Tulisan:

2 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

sangat menarik dan informatif gan...selamat ya... salam kenal..

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

terima kasih telah berabgi tips bermanfaat ini. tips menghilangkan bau badan yang sangat bermanfaat

 
© Copyright Gaya Hidup Terbaru 2012 | Template by Borneo Templates | Powered by Blogger.co.id.